javaku

Jumat, 18 November 2011

Bilangan Acak


Bilangan Acak
  • Salah satu fitur penting dalam algoritma adalah bilangan acak (random)
  • Bilangan acak ini digunakan dalam banyak program simulasi probabilistik
  • Untuk membangkitkan bilangan acak di Java digunakan kelas Math
  • ublic class CobaRandom{
                public static void main(String[] args){
                                double acak = Math.random();
                                System.out.println("Bilangan acak yang dibangkitkan: "+acak);                  
                }
}
 

Membangkitkan 10 bilangan bulat acak antara 0 – 100
For i = 1 to 10 do
                acak ß integer(random()*100)
                output(acak)
End for
public class CobaRandom2{
                public static void main(String[] args){
                                for (int i=1;i<=10;i++){
                                                int acak = (int)(Math.random()*100);
                                                System.out.println("Bilangan acak ke-"+i+"\t: "+acak);
                                                }                             
                }
}

Contoh Simulasi Probabilistik
  • Jika sebuah uang koin dilemparkan, maka secara teori peluang muncul gambar adalah 1/2 dan muncul angka ½
  • Lakukan percobaan dengan melemparkan  koin sebanyak 1 x, 100 x, 1000 x, 10.000 x, 100.000 x, dan 1.000.000 x. Apakah teori itu terbukti?
Algoritma
Input (n) {jumlah data}
For i = 1 to n do
                acakßrandom()
                if acak <= 0.5 then
                                gambar = gambar +1
                else
                                angka=angka+1
                end if
End for
Output(“gambar = “, gambar)
Output(“angka = “, angka)
Output(“peluang gambar =“, gambar/n*100,”%”)
Output(“peluang angka = “, angka/n*100,”%”)

Menyimpan Bilangan Acak diantara 0-1000 di Array dan memampilkannya
Input (n) {jumlah data}
larik: array[1..n]
For i=1 to n do
                larik[i]=random()*1000
End for
For i=1 to n do
                Output(larik[i])
End for

3 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai bilangan acak, berikut linknya semoga bermanfaat ya :D
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2995/1/IMG_0005.pdf

    BalasHapus
  2. JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat

    JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat
    JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat

    JIKA ANDA BUTUH ANKA GHAIB HASIL RITUAL 2D.3D.4D. SGP & HK DI JAMIN 100% JEBOL JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB KI AGEN RUSMAN DI NMOR (_0_8_2_3_3_4_2_2_2_6_7_6_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB then’z room’x sobat

    BalasHapus
  3. JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT


    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT

    BalasHapus